LPTNU JATIM GELAR WEBINAR TATA KELOLA PERGURUAN TINGGI NAHDLATUL ULAMA

LPTNU JATIM GELAR WEBINAR TATA KELOLA PERGURUAN TINGGI NAHDLATUL ULAMA

Surabaya, 22 September 2020
Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama Jawa Timur Gelar Webinar Tata Kelola Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama, selasa (22/09/2020). kegiatan ini bertujuan untuk pengelolaan perguruan tinggi yang baik melalui penyusunan statuta yang tepat.

“Banyaknya konflik, terjadi situasi yang kurang sehat dalam pengelolaan Perguruan Tinggi, salah satunya disebabkan karena kurang mapannya statuta perguruan tinggi. Melalui kegiatan ini, diharapkan pengelolaan perguruan tinggi yang baik dapat terwujud melalui penyusunan Statuta” Kata Ketua PW LPTNU Jawa Timur, Achmad Jazidie.

Menurut Jazidie, secara umum terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pengelolaan Perguruan Tinggi secara kelembagaan terganggu. Hal itu terjadi karena komunikasi yang tidak baik antara pihak rektorat dengan badan peyelenggara, seperti yayasan atau perkumpulan. Pertama, tata kelola perguruan tinggi yang bersumber pada statute, kedua, urusan financial, dan yang ketiga ketidakcocokan dalam kesepakatan kesepakatan peningkatan mutu kampus.

“tata kelola yang dimulai dari statuta itu harus pas dengan watak dan karakter masing masing perguruan tinggi, dengan demikian perguruan tinggi tidak harus meniru perguruan tinggi yang lain, khususnya perguruan tinggi swasta, tidak perlu lagi meniru perguruan tinggi negeri” lanjut jazidie.

Senada dengan hal itu, Profesor Abdul A’la, disela sambutannya menyampaikan bahwa PTNU merupakan lembaga yang memiliki posisi strategis dan peran yang signifikan untuk mengawal umat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, penyelenggaraan webinar ini merupakan langkah yang sangat tepat dan berharga untuk penguatan dan pengembangan perguruan tinggi dilingkungan Nahdlatul Ulama.

“mudah mudahan PTNU setelah ini makin kuat, tidak lagi berpikir soal konflik internal antar lembaga, bahkan mungkin punya karakteristik sendiri antar perguruan tinggi untuk berkembang”. Tambah A’la.

Menurut Ainul Masruroh, Rektor Unisda Lamongan sekaligus moderator dalam webinar tersebut. Perguruan tinggi pada umumnya, termasuk PTNU hakikatnya merupakan satuan pendidikan yang bertugas menyelenggarakan Tridharma pendidikan tinggi. PTNU harus mampu berperan dalam menghasilkan SDM yang berinovasi dan mampu berperan aktif dalam kegiatan pembangunan nasional, maupun dalam peningkatan daya saing bangsa.

“untuk melaksanakan hal itu, perguruan tinggi swasta harus dikelola dengan baik, sehingga mampu menjadi good university governance yang dituangkan dalam statuta perguruang tinggi swasta. Oleh karena itu, Unisda sebagai kampus swasta dilingkungan NU, mendukung penuh upaya upaya yang dilakukan oleh PW LPTNU Jawa Timur untuk meningkatkan tata kelola perguruan tinggi yang baik”. Ucap Ainul.

Webinar ini diselenggarakan oleh PW LPTNU Jawa Timur dengan tema Peranan Statuta dalam mewujudkan tata kelola yang baik bagi PTNU, dengan manghadirkan professor Johannes Gunawan sebagai narasumber. Kegiatan dihadiri dari seluruh perwakilan perguruan tinggi NU di Jawa Timur dan 85 perwakilan LPTNU yang tersebar dari seluruh Indonesia melalui aplikasi meeting secara online dan live streaming.

Berikut bisa kita simak keberlangsungan acara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *